Senin, November 30, 2009

Tiga Amalan Yang Tidak Putus Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

Renungan kali ini tentang 3 amalan yang tidak putus pahalanya bagi orang yang sudah meninggal. Pada dasarnya segala amalan kita di dunia semua akan dinilai oleh Allah, dari beberapa banyak amalan tersebut sebagian besar akan terputus apa bila kita sudah di panggil oleh Allah atau bahasa komputernya di shout down.

3 amalan yang tetap akan mengalir pahalanya bagi orang yang sudah meninggal adalah



Amalan Anak Yang Saleh
Tentunya pahala amalan yang baik dari anak yang saleh akan terus mengalir bagi kedua orang tuanya. Maka hendaknya kita mendidik putra-putri kita yang baik, bukan saja sebagai tanggung jawab kita nanti di akherat tapi juga bagi anak itu sendiri. Masa bodoh orang bilang "punya anak itu jangan dikerasi", "sekarang bukan jamannya anak dikerasi" tapi klo itu baik untuk dia nanti dalam hal akhlak, iman dan agama, kenapa tidak. Toh mereka yang bilang gitu nanti tidak akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah di akhirat, tetapi kita sebagai orang tua.

Bahkan ada kisah seorang tua yang amalan sholat dan ibadah lainnya baik tidak jadi masuk surga hanya karena anaknya tidak bisa sholat dan ibadahnya jelek.. otomatis dia akan mengajak orang tuanya juga ikut ke neraka.

Amal Jariyah
Yang dimaksud disini adalah saat kita beramal, baik itu tenaga, harta dan pikiran untuk tujuan hal yang di ridhoi oleh Allah misalnya, kita beramal infaq untuk perbaikan masjid. Maka amal pahala kta akan tidak terputus karena masjid tersebut digunakan untuk kegiatan yang di ridhoi oleh Allah.

Terakhir Ilmu yang bermanfaat
Ilmu yang kita miliki saat kita berikan/ajarkan kepada orang lain untuk keperluan yang baik dan di ridhoi Allah juga akan mendatangkan pahala yang tidak akan putus sampai kita meninggal. Maka hendaknya jangan kita pelit untuk membagi ilmu, asalkan untuk tujuan yang baik. 


Dari uraian diatas tidak lah saya bermaksud untuk menggurui, tapi hanya share saja. Semoga ini bermanfaat.

10 komentar:

  1. trimakasih sudah share ilmu dan pengetahuannya...semoga bermanfaat...



    salam, ^_^

    BalasHapus
  2. semoga kita menjadi salah satu umat yg tetap bertaqwa dan beriman amin...

    BalasHapus
  3. informatif dan bermanfaat sekali postnya kang..semoga tidak bosan utk postingan yg seperti ini..

    BalasHapus
  4. moga Aya termasuk d dalamnya
    Amin3x...

    BalasHapus
  5. Padahal hanya 3, tapi kadang susah melakukannya.
    Kalau lakukan sesuatu masih karena ada maunya...

    BalasHapus
  6. waaah kok mirip sifat saya yah

    hahahaha

    tobat ahhh!

    BalasHapus
  7. Thanks ya sharingnya..
    aku jadi ngerti, kenapa orang tua selalu bilang, mendapatkan anak yang berbakti lebih beruntung daripada mendapatkan harta yang melimpah

    BalasHapus
  8. Menarik sekali, mudah-mudah bisa memperolehnya..

    BalasHapus
  9. Dan jangan lupa, tulisan yang bermanfaat juga ini termasuk amal baik kan? Hehehe... makasih infonya. Insya Allah kita menjadi anak yang berbakti pada orangtua, dan kelak kita menjadi orangtua yang anak2nya patuh plus baktinya baik pada kita *halah tuteh... :P* hehehe

    BalasHapus
  10. wah bagus sekali blognya ..bagi yang mau buka blogku silahkan...buka juga. ada artikel fisika lho..

    BalasHapus

Silahkan isi komentar anda... jangan lupa menambahkan http:// untuk link web.

Terima kasih